Tips Mencari Kontrakan Murah di Jakarta

Tips mencari kontrakan murah di Jakarta. Ibukota Jakarta memang menjadi tempat paling gembur untuk sebagian orang, terutama yang ingin mengadu nasibnya. Akan tetapi, di sana juga terdapat banyak kendala, salah satunya adalah papan tempat tinggal. Penting bagi Anda yang ingin merantau di kota ini untuk tahu dulu berapa kisaran harga rumah kontrakannya.

Tenang, masih ada kok, rumah kontrakan di Jakarta yang cukup ramah kantong dan nyaman untuk ditinggali. Ini dia beberapa tips penting saat Anda mencari rumah kontrakan murah Jakarta Selatan yang harus diterapkan. Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

Sesuaikan Lokasinya

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam mencari sebuah rumah kontrakan adalah lokasi. Terutama jika Anda bekerja di tempat tertentu, pastikan lokasi rumah tersebut tidak terlalu jauh dari tempat Anda bekerja. Ini sangat penting, apalagi di Jakarta yang rawan macet. Dengan memilih kontrakan murah di dekat lokasi kerja, maka Anda bisa meminimalisir risiko kemacetan tersebut.

Terlepas dari jarak, lokasi juga harus diperhatikan strategis atau tidaknya. Meski hanya mengontrak, tapi tetap saja rumah tersebut yang akan menjadi tempat tinggal sementara Anda. Tentunya Anda ingin hunian yang senyaman mungkin, bukan? Jadi, pastikan juga lokasi rumah kontrakan tersebut bebas banjir, bebas tindakan kriminal, dekat dengan tempat-tempat umum, dan sebagainya. Tentu tolok ukur kenyamanan masing-masing orang berbeda-beda, jadi sesuaikan dengan kebutuhan kenyamanan Anda.

Survei Terlebih Dahulu

Nah, ini juga tips yang sangat penting diterapkan sebelum Anda memutuskan untuk mengontrak sebuah rumah. Pada saat mencari rumah kontrakan murah di Jakarta, alangkah baiknya jika Anda melakukan survey secara langsung. Apalagi, jika Anda menemukan kontrakan tersebut dari internet, maka jangan sampai deal lebih dulu sebelum menyurveinya.

Survei ini penting sekali dilakukan, agar Anda tahu betul kondisi rumah yang akan dikontrak. Dengan survey Anda juga jadi tahu bagaimana lingkungannya, atau bertanya-tanya pada tetangga terdekat tentang riwayat rumah tersebut. Usahakan untuk menyurvei lebih dari satu rumah, supaya Anda mempunyai perbandingan plus minusnya.

Perhatikan Jangka Waktu Sewa

Tips berikutnya untuk mencari kontrakan murah di Jakarta adalah yang satu ini. Ya, jangka waktu sewa sebuah kontrakan menjadi penting untuk Anda pertimbangkan. Biasanya, kontraktor akan menawarkan rumah dalam jangka waktu tertentu, misal satu tahun, dua tahun, bahkan lima tahun. Hal ini tentunya harus disesuaikan dengan planning Anda sendiri karena akan berpengaruh pada budget. Pemilik rumah kontrakan otomatis akan meminta Anda membayar kontrakan sesuai jangka waktu tersebut, meski Anda belum yakin apakah Anda akan tinggal di sana untuk jangka waktu itu.

Misalnya saja, Anda tidak berniat menetap dalam waktu yang lama di tempat itu, maka carilah kontrakan murah yang jangka waktunya singkat. Jika tidak begini, Anda bisa rugi di kantong sendiri karena sudah terlanjur membayar untuk jangka waktu 2 tahun, ternyata di situ hanya sampai satu tahun. Karena itulah, wajib punya ancang-ancang dan rencana yang tepat sebelum memutuskan untuk mengontrak rumah.

Murah Tapi Layak

Mencari kontrakan murah di Jakarta memang susah-susah gampang. Anda akan dihadapkan pada sebuah pilihan yang penuh risiko. Contohnya, ada kontrakan murah tapi bobrok, atau murah karena memang rumah tersebut bermasalah. Sedangkan kontrakan yang lumayan, di kota sekelas Jakarta tentu akan menawarkan harga yang berat di kantong, paling tidak kisaran Rp10 juta per tahunnya.

Kini, Anda tertolong oleh kecanggihan teknologi. Banyak sekali website yang menyediakan jasa mencarikan rumah kontrakan yang layak huni dengan harga yang cukup miring untuk Anda. Karena itu, rajin-rajinlah membuka internet supaya Anda terus mendapat update info tentang ketersediaan rumah kontrakan. Dengan website yang sudah besar dan terpercaya, tentu Anda tidak perlu takut dengan tindak penipuan dan semacamnya.

Perhatikan Jenis Rumah yang Akan Dikontrak

Hal ini juga penting untuk diperhatikan saat Anda mencari rumah kontrakan hemat di Jaksel. Kenapa? Karena tentunya banyak sekali jenis rumah yang dikontrakkan di sana. Pertama, Anda harus menyesuaikan rumah tersebut dengan jumlah orang yang akan menempatinya. Kalau hanya Anda seorang, mungkin pilihan rumah yang tidak terlalu besar bukan masalah. Beda lagi ketika Anda sudah berkeluarga, tentu rumah yang dibutuhkan pun tidak sama kapasitasnya.

Beberapa jenis rumah yang biasa dikontrakkan di Jakarta, antara lain :

  • Rumah Petak

Rumah jenis ini biasanya berbentuk satu lontrongan panjang yang saling berdempetan dengan beberapa petak. Rumah semacam ini relatif kecil, umumnya hanya memiliki satu kamar tidur, ruang tamu, dapur, dan kamar mandi. Cocok untuk Anda yang tinggal sendirian atau berdua saja.

  • Rumah Susun

Jakarta memang identik dengan rusun atau rumah susun. Seperti namanya, rumah ini bersusun-susun dari beberapa lantai dan juga bersekat-sekat. Rusun bisa saja dikontrakkan, atau malah bisa dibeli jika Anda berminat. Tentunya lingkungan di rusun akan lebih hiruk pikuk dibanding rumah kontrakan yang lain karena jarak antar satu dan yang lainnya sangat berdekatan.

  • Rumah Biasa

Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan sebuah rumah kontrakan yang murah dan bebas bising dari tetangga seperti dua jenis rumah di atas. Meski pada umumnya sebuah rumah gelondongan akan ditawarkan dengan tarif mahal, akan tetapi Anda masih bisa nego. Jika memang merantau bersama keluarga, alangkah baiknya mengontrak sebuah rumah yang utuh semacam ini.

Nah, itu dia beberapa tips dalam memilih rumah kontrakan murah di Jakarta. Bagaimana, sudah tidak bingung lagi, bukan? Semoga bermanfaat!

Updated: 08/02/2020 —

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *