Macam-Macam Depresi Dan Mengatasi Depresi Pada Manusia

Keadaan yang tidak kita inginkan , kurang kita senangi atau bahkan yang membuat diri kita sedih, lemah, berputus asa, dan menyerah. Perasaan tersebut memang manusiawi terjadi, tetapi jika berkelanjutan sangat tidak baik bagi diri dan kesehatan kita. Depresi, ya kata tersebut sudah tidak asing lagi, namun kita juga perlu mengetahui macamnya dan bagaimana mengatasi depresi.

Untuk apa mengetahui dan mengenali depresi? Depresi adalah hal yang sering terjadi pada manusia. Banyaknya kemungkinan yang terjadi bisa kepada siapa saja, banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya depresi. Banyaknya terjadi fenomena depresi pada masyarakat umum ini membuat kita perlu mempelajari dan mengetahui bagaimana cara mengatasi depresi. Tnpa kita sadari depresi itu sendiri bisa saja terjadi dan di alami oleh diri kita sendiri ataupun oleh teman terdekat kita.

Apa itu Depresi?

Depresi adalah perasaan putus asa, menyerah, sedih, dan pesimis yang berkelanjutan selama lebih dari dua minggu. Depresi bisa mneyebabkan terjadinya penurunan kualitas hidup manusia dan bisa menjadi hal yang sangat buruk bila berkelanjutan lebih lama lagi atau tidak dilakukan penanganan.

Faktor terjadinya depresi

  1. Genetik, faktor genetik ini sangatlah berdampak pada diri seseorang. Tidak hanya tentang depresi saja, melainkan penyakit apapun yang di sebabkan oleh faktor genetik ini cenderung sulit untuk di obati. Namun tidak juga menjadi masalah yang besar sehingga kita harus menyerah untuk mengobati penyakit yang bersumber dari faktor genetik.
  2. Kimia pada otak, kimia pada otak yaitu bisa di karenakan salah obat, ataupun ketidak cocokan terhadap obat atau zat kimia yang masuk kedalamtubuh seseorang.
  3. Stress, faktor ini yang paling banyak terjadi dan dialami oleh manusia umumnya. Meiliki daya fikir yang sangat kuat dan sulit fokus adalah pemicu utama terjadnya stress pada diri seseorang. Gejala ini biasanya karena kesedihan yang mendalam sehingga perlu tindakan segera dalam mengatasi depresi.

Macam-macam depresi dan cara mengatasi depresi.

  1. Depresi berat ( Major Depressive Disorder ), depresi berat yang umumnya di alami seperti : perasaan sedih, tidak punya harapan, merasa tidak berharga, merasa bersalah, tidak bergairah melakukan aktivitas, berniat untuk bunuh diri.
  2. Depresi Kronis ( Distimia). Depresi kronis ini berbeda dengan depresi berat, dimana depresi kronis terjadi selama dua tahun berturu-turut ataupun lebih. Tindakan atau perilaku dari depresi ini lebih ringan dari depresi berat.
  3. Depresi Situasional. Depresi ini adalah jenis depresi yang terjadi pada waktu yang tidak menentu, depresi ini biasanya terjadi jika mengalami kejadian atau oeristiwa yang sangat menekan batin. Gejala pada depresi ini di tandai dengan berubahnya pola tidur dan pola makan dari penderita.
  4. Gangguan suasana hati ( seasonal affective disorder), gangguan suasana hati ini timbul dari adanya perubahan cuaca yang terjadi, seperti pada musim dingin atau musim hujan, gangguan suasana hati ini juga akan berubah dan kembali dengan sedirinya saat cuaca kembali lebih hangat.
  5. Bipolar, bipolar termasuk jenis dari depresi karena gangguan ini adalah suatu perilaku yang timbul dan bertolak belakang, yaitu kondisi depresi dan mania. Mania adalah kondisi dimana seseorang merasakan kegembiraan ataupun ketakutan bersikap secara meluap-luap atau terlalu menunjukkan. Sedangkan depresi pada gangguan ini cenderung bersikap lemah, putus ada, dan tidak berdaya.
  6. Depresi Pospartum. Depresi ini umumnya terjadi pada wanita saat melahirkan, depresi ini berdampak pada kesehatan bayi dan sang ibu serta ikatan batin antara keduanya. Depresi ini disebabkan dari perubahan hormon yang dialami oleh sang ibu saat melahirkan, dimana hormon estrogen dan progesteron yang cukup tinggi saat masa kehamilan dan menurun secara drastis pada saat melahirkan.
  7. Depresi Premenstrual. Depresi ini adalah jenis depresi yang biasa dikenal dengan PMDD ( Premenstrual Dysphoric Disorder), berbeda dengan PMS ( Premenstrual Syndrome). PMDD adalah gangguan mood yang sangat serius sehingga mengakibatkan perubahan dan keseimbangan pada emosi dan perilaku.

Cara mengatasi depresi ?

Pada dasarnya setiap penyakit yang ada di muka bumi sudah ada obatnya, begitupun dengan depresi atau gangguan yang di alami pada pembahasan ini. Beberapa cara yang bisa anda coba yaitu:

  • Rutin berolahraga
  • Pergi berlibur
  • Senantiasa berfikir possitive
  • Melakukan meditasi
  • Melakukan yoga
  • Mengkonsumsi kunyit
  • Bercerita dengan orang terpercaya
  • Bertawakkal atau berserah diri pada Tuhan yang maha Esa.

Berikut pembahasan tentang macam- macam depresi dan  cara mengatasi depresiyang bisa kamu coba, info selebihnya bisa kamu cek pada link dibawah ini.

semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kita semua, dan mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam tulisan atau cara penyampaian.

Updated: 26/02/2020 —

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *