Beragam Kurikulum yang di berlakukan di International School Jakarta

Beragam Kurikulum yang di berlakukan di International School Jakarta – Hal mendasar yang membedakan sekolah nasional dengan sekolah internasional adalah kurikulum yang digunakan. Pemilihan kurikulum pada sekolah ini tidak dilakukan secara sembarangan, mereka memilih kurikulum yang mampu menunjang serta mengembangkan minat serta bakat anak didiknya.

International School Jakarta

Baca juga artikel lain di : http://www.rickyadventures.com/

Dibawah ini merupakan ulasan mengenai beberapa kurikulum yang paling sering digunakan di sekolah-sekolah bertaraf internasional di seluruh Indonesia.

Montessori

Kurikulum jenis ini difokuskan untuk mengembangkan minat serta bakan anak-anak usia pra-sekolah dan sekolah dasar. Elementary school Jakartabanyak yang menggunakan Montessori sebagai metode pembelajaran. Kurikulum ini lebih mementingkan penyesuaian diri pada anak-anak serta bagaimana respon mereka terhadap penyerapan konsep keterampilan maupun akademis yang diajarkan.

International Baacalaurate (IB)

Resmi digunakan di Swiss, Jenewa pada tahun 1960-an, kurikulum ini juga banyak diadopsi oleh sekolah internasional. Peserta didik pada kurikulum IB diharapkan mampu menjadi individu yang kreatif, memiliki kepekaan sosial yang tinggi, cerdas dan mampu mengelola emosi dengan baik. Untuk menerapkannya, sekolah harus mendapat izin resmi terlebih dahulu dari induk organisasi IB di Swiss.

Apa yang Anda Dapatkan dari International School Jakarta?

International Primary Curriculum (IPC)

Kurikulum IPC merupakan jenis kurikulum yang menitikberatkan fokus pembelajaran dengan student oriented. Pembelajaran dilakukan secara tematik, menyeluruh dan kreatif. Materi yang diajarkan berupa pemahaman pelajaran agar siswa mampu memahami konsep yang diajarkan alih-alih hanya menghafalnya. Kurikulum IPS banyak diadopsi oleh international school Jakarta, Bandung, Surabaya dan banyak kota lainnya.

Singapore Primary School Curriculum

Kompetensi yang diberikan oleh kurikulum ini pada siswa-siswanya adalah sikap untuk selalu berpikiran secara kritis. Mata pelajaran yang ditawarkan oleh Singapore Primary School Curriculum tidak begitu banyak, utamanya berupa mata pelajaran seni, matematika, IPA, IPS, bahasa asing dan juga musik.

Cambridge Curriculum

Berasal dari Inggris, kurikulum ini dapat diterapkan di seluruh jenjang pendidikan. Dapat digunakan pada primary, lower, middle hingga upper secondary. Pengembangan pembelajarannya berfokus pada kegiatan praktek  dan pemilihan mata pelajaran yang disukai. Dengan kurikulum ini, peserta didik diharapkan mampu bersaing secara global, memiliki kemampuan bahasa asing yang mumpuni serta dapat melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi di luar negeri. Kurikulum ini juga sering digunakan di international school Jakarta.

Beberapa kurikulum tersebut telah mampu Anda nikmati dengan mendaftarkan putra-putri Anda di sekolah-sekolah bertaraf internasional. Walaupun Anda harus merogoh kantong yang tidak sedikit untuk menyekolahkan anak Anda disana, namun hal tersebut akan sebanding dengan beragam fasilitas, pengajar serta kurikulum yang baik.

Dengan mengetahui beragam kurikulum tersebut, bagi Anda yang sedang kebingungan untuk mencari elementary school Jakarta, bisa mempertimbangkan kurikulum sebagai salah satu poin penting untuk menentukan sistem dan metode pembelajaran yang akan membuat anak Anda mampu mengembangkan minat bakatnya secara maksimal.

Updated: 17/01/2020 —

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *